Ketentuan Klient dan International Buyer

Ketentuan Seller ICT
 
1. Seller

1.1 Tentang Seller
 
1.1.1 Pengertian Seller
 
Seller adalah Anggota yang berkewarganegaraan Indonesia dan terdaftar di ICT untuk melakukan aktifitas Penjualan.
 
1.1.2 Jenis-jenis Seller
 
Seller di ICT diklasifikan menjadi, “Seller Perorangan” dan “Seller Badan Usaha”.

Jenis Hal Definisi
Seller Penjual Perorangan Anggota yang mendaftarkan dirinya sebagai penjual perorangan / Individual Seller untuk melakukan transaksi Penjualan. Diwajibkan untuk menyediakan dokumen – dokumen sebagai berikut:
(Individual Seller) Wajib : Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli dan Nomor Rekening Tabungan sesuai dengan nama KTP yang terdaftar.
  Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa dokument yang diunggah (KTP/NPWP/Rek) merupakan Scan dari document asli dan di print kertas dan bermaterai. Dengan mencentang Persetujuan Syarat dan Ketentuan, maka Seller dinyatakan telah membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan Bermaterai yang memiliki kekuatan hukum yang sama di mata hukum
  Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa produk yang ditawarkan merupakan hasil produksi sendiri atau gabungan dari kelompok usaha perorangan, di Scan dan di print kertas dan bermaterai.  Dengan mencentang Persetujuan Syarat dan Ketentuan, maka Seller dinyatakan telah membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan Bermaterai yang memiliki kekuatan hukum yang sama di mata hukum
  Opsional : Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Penjual Badan Usaha Anggota yang mendaftarkan dirinya sebagai perusahaan untuk melakukan transaksi Penjualan. Diwajibkan untuk menyediakan dokumen-dokumen seperti berikut :
(Business Seller) Wajib : Lisensi Bisnis (SIUP/TDP), Nomor (NPWP) & Nomor Rekening Asli,
  Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa dokument yang diunggah (SIUP/NPWP Copy) merupakan Scan dari document asli dan di print kertas Kop perusahaan, yang ditanda tangan oleh pejabat tertinggi perusahaan atau berwenang yang tertera di SIUP dan Surat Pernyataan (Statement Letter)(Jika nama yang tertera di buku rekening berbeda dengan nama yang terdaftar di SIUP/TDP).  Dengan mencentang Persetujuan Syarat dan Ketentuan, maka Seller dinyatakan telah membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan Bermaterai yang memiliki kekuatan hukum yang sama di mata hukum
  Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa produk yang ditawarkan merupakan hasil produksi sendiri atau gabungan dari kelompok usaha perorangan, di Scan dan di print kertas dan bermaterai.  Dengan mencentang Persetujuan Syarat dan Ketentuan, maka Seller dinyatakan telah membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan Bermaterai yang memiliki kekuatan hukum yang sama di mata hukum
  Opsional : PKP (Pengusaha Kena Pajak) dan Surat Pernyataan & Buku Tabungan

1.2 Kebijakan Umum untuk Seller

1.2.1 Syarat menjadi Seller ICT

ICT menetapkan beberapa syarat kepada Seller sebagai berikut :
 
1. Warga negara Indonesia
2. Usia minimal 17 tahun keatas atau sudah menikah
3. Produk yang di jual adalah hasil produksi sendiri
4. Bagi Seller yang tidak memiliki hasil Produksi sendiri (Re-Seller, Broker, Agen, Distributor) wajib untuk mendaftar pada kategori Seller Badan Usaha
 
1.2.2 Kebijakan ID Seller
 
ICT memiliki hak untuk menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir User ID Seller secara permanen ataupun sementara dengan ketentuan seperti berikut :
1. Seller di bawah 17 tahun dan/atau dibawah 17 tahun tetapi belum menikah
2. Seller yang mendaftarkan diri dengan menggunakan data palsu atau tidak valid
3. Seller yang mendaftarkan brand/nama perusahaan yang tidak memiliki bukti valid
4. Seller yang terindikasi/terbukti melakukan tindakan kriminal atau melanggar hukum
5. Seller yang terindikasi/terbukti melakukan tindakan kecurangan bertransaksi dan/atau transaksi tidak sehat.
6. Seller yang menggunakan kata-kata terlarang atau tidak sesuai dengan kearifan dan nilai moral atau ilegal
7. Seller yang dilaporkan secara resmi oleh User lain mengenai tindakan kecurangan atau tansaksi yang tidak sehat

1.2.3 Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) Keanggotaan
 
1. Hal-hal yang AKAN TERJADI ketika Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) keanggotaan langsung :
* Informasi anggota, informasi perdagangan dan lain-lain akan dihapus ketika terjadinya pembatalan keanggotaan
* Informasi identitas seperti kata sandi, alamat e-mail, dan nomor KTP akan disimpan, untuk menghindari hal-hal seperti pembatalan yang tidak disengaja & pendaftaran ulang setelah anggota menarik keanggotaannya
* Jika masih ada informasi transaksi, informasi dasar yang mungkin masih berhubungan dengan informasi produk, pembelian, ID dan informasi transaksi akan disimpan selama 5 tahun setelah Pembatalan Ke-anggota-an untuk manajemen informasi transaksi penjualan
2. Hal-hal yang TIDAK AKAN terjadi ketika Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) keanggotaan langsung :

Jenis Hal Metode Penarikan
Informasi Transaksi yang sedang berjalan (pembelian atau penjualan) Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah transaksi selesai.
Sedang dalam proses pencairan dan/atau pengembalian dana Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah anggota mecairkan dan/atau menerima seluruh dana yang terdapat pada rekening ICT.
Produk dan spanduk yang berada ditampilan iklan Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah masa periode iklan selesai.
Informasi yang dicek oleh Pihak Finance/Keuangan ICT Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah pihak Finance/Keuangan mengkonfirmasi informasi tersebut.

Data mengenai point yang tidak dapat dicairkan, scores, informasi keaggotaan, informasi transaksi, dan lain-lain akan dihapus secara bersamaan di saat pembatalan keanggotaan jika anggota menyetujui poin-poin di atas.

1.2.4 Pendaftaran Kembali Setelah Pembatalan Keanggotaan
Setelah masa tenggang Pembatalan keanggotaan, calon Seller hanya dapat mendaftar sebagai Anggota Baru. Jadi calon Seller hanya dapat mendaftar dengan ID baru karena ID lama mereka tidak tersedia dengan menggunakan identitas lama yang sudah pernah digunakan untuk mendaftar. Jika data yang digunakan sebelumnya tidak valid dan hal ini menjadi penyebab atas Pembatalan Keanggotaan, maka calon Seller wajib untuk mendaftar dengan data yang valid.
Anggota Seller yang biasanya menjual produk, dapat mendaftar sebagai Anggota Baru setelah 1 bulan (30 hari) dari waktu Pembatalan Keanggotaan mereka.
 
1.3 Pembaharuan Keanggotaan
1.3.1 Tentang Pembaharuan Keanggotaan

Pembaharuan keanggotaan terjadi jika ada perubahan informasi terkini anggota, dari informasi anggota yang lama ke informasi anggota baru.
Pembaharuan Keanggotaan bisa dilakuka oleh Klient ICT dengan ketentuan berikut ini :
1. Klient ICT yang pada awal mendaftar sebagai Individual Seller diperbaharui menjadi Businees Seller
2. Klient ICT yang pada awal mendaftar sebagai Business Seller diperbaharui menjadi Local Buyer
3. Klient ICT yang pada awal mendaftar sebagai Local Buyer diperbaharui menjadi Individual Seller
4. Klient ICT yang pada awal mendaftar sebagai Local Buyer diperbaharui menjadi Business Seller
5. Klient ICT yang pada awal mendaftar hanya pada salah satu kategori Klient diperbaharui menjadi di kedua kategori Klient
5. Klient ICT yang pada awal mendaftar di kedua kategori Klient diperbaharui menjadi hanya  di salah satu kategori Klient
Catatan:

Penggunaan ID yang sama, menyetujui “Syarat dan Ketentuan ICT”, memberikan informasi tambahan dan dokumen pendukung serta melakukan prosedur verifikasi sebagaimana ditentukan dalam halaman pendaftaran
Pembaharuan Keanggotaan dilakukan dengan prosedur Penarikan data keanggotaan yang lama dan diganti dengan yang baru
 
2. Fasilitas Layanan Dasar
 
Para Seller akan mendapatkan beberapa fasilitas dasar seperti berikut:

Tipe Penjelasan
Akun Pribadi Seller Akun Seller di website yang digunakan sebagai akun untuk melakukan pemasangan iklan di website dan pencairan dana transaksi
Point Transaksi Seller Poin yang diberikan kepada Seller atas transaksi yang berhasil. Point Transaksi Seller tidak dapat diuangkan, ditarik, dan/atau ditransfer antar anggota. Point Transaksi Seller dapat digunakan untuk membeli layanan yang tersedia di Web Site.

3. Biaya Transaksi
 
ICT mengenakan biaya pelayanan kepada Seller untuk setiap transaksi yang telah selesai (Biaya Transaksi). Di bawah ini adalah detail dari Biaya Transaksi oleh ICT:

Nominal Biaya Transaksi
< IDR 100.000.000 3%
IDR 100.000.000 – IDR 500.000.000 2,5%
IDR 500.000.000 – IDR 1.000.000.000 2%
> IDR 1.000.000.000 1,5%

Note :
1. Biaya transaksi dihitung berdasarkan Nilai Pemesanan
2. Apabila sistem kontrak, maka biaya transaksi akan dihitung berdasarkan angka/nominal kebutuhan rata-rata per bulan atau per pengiriman
3. Biaya transaksi yang diterima ICT adalah Nominal Bersih yang diterima ICT setelah dilakukan pemotongan pajak yang dilakukan oleh Divisi Finance ICT
4. ketentuan Produk Yang Dijual
 
4.1. Produk yang dilarang dijual/diiklankan
 
Berikut ini adalah daftar produk yang dilarang untuk dijual atau diiklankan di situs jual-beli ICT :
 
1. Produk palsu.
2. Narkotika, obat-obat tidak terdaftar, atau terlarang, obat dengan resep dan obat bebas.
3. Produk suplemen dan vitamin tanpa ijin dari BPOM atau Dinas Kesehatan.
4. Pornografi, barang cetakan atau benda yang dianggap bertentangan dengan norma-norma kesusilaan.
5. Senjata tajam, senjata api termasuk airsoft gun, dan segala benda yang digolongkan sebagai senjata sesuai dengan peraturan perundang-undangan yg berlaku.
6. Kosmetik bekas, tidak terdaftar, berbahaya atau terlarang.
7. Emas, berlian dan logam mulia serta batuan mulia lainnya.
8. Barang-barang yang berhubungan dengan pemerintahan dan kepolisian atau kemiliteran.
9. Bagian atau organ tubuh manusia.
10. Barang-barang yang dianggap dapat melecehkan pihak atau ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain.
11. Barang-barang curian atau barang yg terduga didapatkan secara tidak sah.
12. Bahan atau barang berbahaya dan atau mudah meledak.
13. Barang cetakan atau rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban serta stabilitas nasional.
14. Tanaman dan hewan yang dilindungi oleh undang-undang.
15. Uang tunai dan surat berharga lainnya.
16. Perlengkapan dan peralatan judi.
17. Minuman beralkohol dan produk bertembakau.
18. Produk yang menggunakan logo ICT tanpa izin.
19. Produk yang tidak berbahan baku kelapa
20. Kayu Kelapa yang tidak sesuai Syarat dan Ketentuan dan/atau hasil Pembalakan Liar
 
4.2. Produk dengan Ketentuan/Pembatasan Penjualan

Berikut ketentuan pembatasan Penjualan Produk yang dijual atau diiklankan :
1. Produk dengan batas waktu kelayakan (kadaluwarsa) wajib untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa dan tanggal produksi
2. Produk yang dijual oleh Re-Seller atau Broker harus mencantumkan nama produsen
3. Produk yang memerlukan dokumen/syarat pengiriman khusus: Produk tertentu tidak dapat dikirimkan atau memerlukan dokumen dan penanganan khusus untuk pengiriman dengan jasa pengiriman. Penjual harus memastikan opsi pengiriman yang sesuai untuk masing masing produk.

5. Pengiriman
1. Konfirmasi Pengiriman wajib dilakukan oleh Seller setelah ICT memberikan informasi mengenai Pembayaran yang telah dikirimkan oleh Buyer.
2. Untuk Pembelian Kontrak, Seller wajib memberikan informasi mengenai estimasi tanggal kirim
3. Untuk Jasa Pengiriman, ICT memberikan rekomendasi Jasa Pengiriman yang telah di-verifikasi dan terdaftar sebagai rekanan ICT dan untuk biaya atau harga pengiriman, Seller dapat berhubungan langsung dengan Jasa Pengiriman yang direkomendasikan.
4. Pihak Seller dan Buyer berhak untuk menentukan jasa pengiriman yang digunakan sebagai mitra kerja dalam pengiriman barang
5. Jasa Pengiriman yang ditetapkan atau dipilih harus berbadan hukum dan memiliki asuransi atas Produk yang dikirimkan
6. Jika Jasa Pengiriman yang dipilih atau ditentukan tidak berbadan hukum dan tidak memiliki jaminan asuransi atas produk yang dikirimkan, maka Pihak Seller dan Buyer harus membuat kesepakatan tersendiri dan wajib memberikan Data Jasa Pengiriman ( KTP dan SIM Supir, STNK Kendaraan, Foto terkini kendaraan).
7. Pihak yang menetapkan jasa pengiriman berkewajiban untuk memastikan bahwa produk aman sampai tujuan
8. Dalam hal menekan biaya pengiriman, Seller atau Buyer bisa melakukan pengiriman atau pengambilan Produk dengan armada yang dimiliki.
9. Seller wajib memberikan informasi nomor resi, surat jalan dan/atau dokumen lainnya yang dapat digunakan sebagai bukti pengiriman dan sebagai syarat untuk melakukan pencairan dana penjualan
10. Jika Seller melakukan kesalahan dalam memberikan informasi data pengiriman, maka Seller harus segera melakukan konfirmasi dan perbaikan. Status Pengiriman baru akan berubah setelah Seller memberikan informasi data pengiriman yang benar dan Pencairan dana baru bisa dilakukan setelah Status Pengiriman Selesai walaupun ada konfirmasi penerimaan barang dari Buyer.
11. Buyer wajib memberikan informasi kepada Seller dan Sistem ICT mengenai Penerimaan Produk. Jika dalam waktu 2 hari kerja tidak adanya informasi mengenai Penerimaan Produk terhitung sejak Seller dan/atau Jasa Pengiriman melakukan konfirmasi Pengiriman Selesai maka buyer memahami dan menyetujui pencairan dana berdasarkan konfirmasi dari Seller dan/atau Jasa Pengiriman.
12. Dalam hal Pengiriman, ICT terlepas dari segala bentuk tuntutan atas kerugian yang timbul dari proses pengiriman dan Klient dianggap memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan ini.
13. Seller dapat melakukan Penundaan Pengiriman atas Pembelian kepada Buyer dan ICT setelah status pembayaran selesai. Penundaan pengiriman Dapat dilakukan maksimum 14 (Empat Belas) hari kalendar. Buyer diberi waktu 2 (Dua) hari kerja untuk memberikan persetujuan. Buyer berhak untuk tidak menyetujui pesanan tersebut. Apabila Buyer tidak menyetujui maka akan terjadi proses pembatalan atas pesanan tersebut Dan Seller diminta untuk tidak mengirimkan pesanan tersebut.
14. Pencairan Dana akan dilakukan setelah administrasi selesai. Waktu pencairan dana akan mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing Bank.
15.Apabila Waktu Pengiriman mengalami perubahan dari kesepakatan awal, maka Seller wajib untuk memberika informasi kepada Buyer dan ICT. Seller bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi akibat dari perubahan waktu pengiriman.
16. ICT akan melakukan penilaian terhadap Seller atas Perubahan Waktu Pengiriman, terlepas adanya kerugian atau tidak yang ditimbulkan dari perubahan waktu pengiriman. 
 

6. Pembatalan Pesanan
1. Pembatalan Pesanan dapat dilakukan oleh Seller dengan memberikan keterangan Pembatalan Pesanan
2. Pembatalan Pesanan harus diketahui oleh Buyer dan ICT
3. Seller bertanggungjawab atas segala kerugian yang timbul akibat pembatalan pesanan yang dilakukan Seller
4. Pembatalan Pesanan oleh Seller akan mempengaruhi penilaian ICT terhadap kinerja Seller
5. Apabila Seller telah memlakukan produksi untuk sebagian Pesanan maka Seller berhak untuk menawarkan kepada Buyer dan Buyer berhak untuk melakukan penerimaan atau penolakan
6. Untuk menjaga agar transaksi sehat, maka Pihak Seller dan Buyer berhak untuk melakukan musyawarah mengenai Pesanan yang telah dilakukan
7. Pengembalian dana ke Buyer akan dilakukan setelah semua admisnitrasi selesai. Pengembalian dana akan dilakukan 100% sesuai dengan dana yang masuk untuk Pesanan yag dibatalkan dan akan dilakukan pemotongan biaya administrasi sesuai dengan aturan yang berlaku pada masig-masing Bank.
8. ICT akan memberikan Bukti pengembalian Dana kepada Seller dan Buyer.
9. Waktu Penerimaan dana yang dikembalikan mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing Bank.

 
7. Bagian Internasional

A. Perdagangan Internasional
Seller dapat mendaftarkan produk mereka di situs jual-beli ICT untuk perdagangan internasional dan adalah penting untuk diketahui bahwa semua pencatatan produk dan transaksi mengikuti sesuai dengan hukum yang berlaku. Seller bertanggung jawab untuk memastikan bahwa transaksi mereka sah menurut hukum di kedua negara, yaitu negara tujuan dan Indonesia. ICT sangat menyarankan Seller untuk mempelajari tentang hukum di negara tujuan dan juga hukum Indonesia.
Seller harus memastikan bahwa produk yang mereka jual dapat secara sah diposting di situs jual-beli ICT untuk perdagangan luar negeri di mana dan juga memastikan bahwa Seller dapat secara sah mengekspor produk dari Indonesia sebelum mengirim produk tersebut. Seller harus mendiskusikan kemungkinan ekspor dan/atau masalah impor dengan International Buyer yang potensial, melakukan penelitian yang cermat, dan menyewa seorang ahli jika diperlukan untuk memastikan bahwa semua transaksi mematuhi semua hukum yang berlaku.

B.Pabean/Customs
Seller dianggap sebagai eksportir produk dan harus mematuhi semua hukum dan peraturan Indonesia dan Negara tujuan. Seller harus memastikan bahwa mereka secara sah dapat meng-eksport produk dari Indonesia sebelum menawarkan produk apapun untuk perdagangan internasional.
Apabila Seller belum memiliki izin eksport maka Seller dapat melakukan kerjasama dengan Pihak jasa pengiriman untuk mengirimkan produk. ICT menyarankan agar menggunakan jasa pengiriman yang menjadi rekanan ICT dengan alasan keamanan informasi dan/atau data. ICT terlepas dari segala tuntutan atas Produk yang dikirimkan baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas.
Biaya tambahan untuk pemeriksaan kepabeanan harus ditanggung oleh Seller jika tidak ditentukan secara eksplisit dalam halaman detail produk. ICT tidak memiliki wewenang atas tindakan ini karena ini tidak dapat diprediksi. Seller dapat menghubungi kantor bea cukai setempat untuk informasi lebih lanjut mengenai kebijakan pabean Indonesia karena ini bervariasi dari satu negara ke negara lain.
ICT menyarankan Internasional Buyer dan Seller yang akan mengirimkan secara internasional untuk menyadari bahwa pengiriman lintas-perbatasan tunduk pada pembukaan dan pemeriksaan oleh pihak pabean.
ICT, Seller dan International Buyer dapat memberikan permintaan tertentu, pengiriman, dan informasi produk untuk pihak ketiga yang menjembatani perdagangan internasional, dan informasi tersebut dapat disampaikan kepada pihak pabean untuk memfasilitasi bea cukai dan sesuai dengan hukum setempat. Otoritas Bea Cukai berhak meminta ICT, Seller dan International Buyer untuk menyatakan nilai dari produk yang diperdagangkan.
 
C. Cancellation and Refund
Untuk pembelian dari luar negeri, pengembalian disebabkan oleh Buyer Internasional mungkin tidak praktis dilakukan karena biaya pengembalian yang tinggi. ICT dan/atau Seller tidak bertanggung jawab dan menganggap tidak ada kewajiban untuk kasus tersebut.
 
D. Proses Penyelesaian (Settlement) Untuk Produk Eksport
Seller dan produk yang di-eksport dari Indonesia’, terdapat peraturan konfirmasi penawaran/penjualan produk secara terpisah yang ditetapkan sebagai berikut:
1. Segala bentuk kesepakatan antara Seller dan International Buyer harus diketahui oleh ICT dan harus dituangkan dalam bentuk perjanjian tertulis. Segala bentuk pelanggaran atas hal ini akan merujuk kepada sanksi pada ketentuan umum dan ketentuan masing-masing kategori
2. Konfirmasi mengenai Transaksi jual-beli wajib dilakukan oleh Seller dalam waktu 2 hari. Konfirmasi meliputi Spesifikasi produk, qualitas produk, quantity, kapasitas produksi dan harga produk dan juga sistem pembayaran. Konfirmasi dilakukan setelah menyetujui Surat Penawaran Harga atau Soft Corporate Offer (SCO) yang dibuat dan dikirimkan oleh Seller kepada ICT dan/atau International Buyer.
3. Untuk proses pengiriman merupakan tanggungjawab dari Seller. Seller harus memastikan bahwa waktu pengiriman harus tepat, dokumen pengiriman harus lengkap, spesifikasi, qualitas dan quantitas harus sesuai dengan kesepakatan awal. Apabila terdapat perubahan maka Seller berkewajiban untuk memberikan informasi mengenai perubahan terebut dan berkewajiban untuk memberikan solusi atas perubahan tersebut. Perubahan dapat meliputi waktu pengiriman, dokumen pengiriman, spesifikasi produk, qualitas produk, quantity produk.
4. Dalam hal pembayaran Non-Tunai, ICT menghimbau dan menyarankan kepada Seller untuk memastikan kembali mengenai Dana yang dimiliki oleh International Buyer setelah Pihak ICT melakukan pengecekan dengan pihak perbankan mengenai Dana yang dimiliki oleh Pihak International Buyer. Konfimasi ketersediaan dana yang dimiiki oleh International Buyer dapat dilakukan melalui pihak ketiga tau jasa keuangan/perbankan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penipuan. Apabila Seller melakukan produksi dan mengirimkan Produk sebelum melakukan konfirmasi ketersediaan dana dan  terjadi penipuan oleh Pihak International Buyer, maka ICT terlepas dari segala bentuk tuntutan atas kerugian yang timbul dari penipuan tersebut.
5. Pencairan dana akan dilakukan setelah International Buyer melakukan konfirmasi atas penerimaan barang atau 2+1 hari setelah konfrimasi pengiriman telah sampai tujuan dari pihak jasa pengiriman. Jika dalam waktu 2 hari setelah setelah konfirmasi pengiriman telah sampai tujuan dari pihak jasa pengiriman dan ICT telah melakukan verifikasi atas penerimaan barang tetapi International Buyer tidak memberikan tanggapan atas hal tersebut, maka ICT beranggapan barang telah diterima dengan baik dan dana akan ditransfer ke Seller pada hari ketiga. ICT terlepas dari segala tuntutan setelah prosedur tersebut dijalankan atas kerugian yang dialami oleh Seller maupun International Buyer.
 

 

Ketentuan Local Buyer ICT

1. Local Buyer
1.1 Tentang Local Buyer
1.1.1 Pengertian Local Buyer
Local Buyer adalah Anggota yang berkewarganegaraan Indonesia dan berdomisili di Indonesia dan terdaftar di ICT untuk melakukan aktifitas Pembelian.
1.1.2 Jenis-jenis Local Buyer

Local Buyer di ICT diklasifikan menjadi, “Local Buyer Perorangan” dan “Local Buyer Badan Usaha”.

Jenis Hal Definisi
Pembeli Lokal (Local Buyer) Pembeli Lokal Perorangan Anggota yang mendaftarkan dirinya sebagai pembeli lokal perorangan / Individual Local Buyer untuk melakukan transaksi Pembelian. Diwajibkan untuk menyediakan dokumen – dokumen sebagai berikut:
(Individual Local Buyer) Wajib : Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli dan Nomor Rekening Tabungan sesuai dengan nama KTP yang terdaftar.
  Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa dokument yang diunggah (KTP/NPWP/Rek) merupakan Scan dari document asli dan di print kertas dan bermaterai. Dengan mencentang Persetujuan Syarat dan Ketentuan, maka Local Buyer dinyatakan telah membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan Bermaterai yang memiliki kekuatan hukum yang sama di mata hukum
  Opsional : Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Pembeli Lokal Badan Usaha Anggota yang mendaftarkan dirinya sebagai perusahaan untuk melakukan transaksi Pembelian. Diwajibkan untuk menyediakan dokumen-dokumen seperti berikut :
(Company Local Buyer) Wajib : Lisensi Bisnis (SIUP/TDP), Nomor (NPWP) & Nomor Rekening Asli,
  Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa dokument yang diunggah (SIUP/NPWP Copy) merupakan Scan dari document asli dan di print kertas Kop perusahaan, yang ditanda tangan oleh pejabat tertinggi perusahaan atau berwenang yang tertera di SIUP dan Surat Pernyataan (Statement Letter)(Jika nama yang tertera di buku rekening berbeda dengan nama yang terdaftar di SIUP/TDP).  Dengan mencentang Persetujuan Syarat dan Ketentuan, maka Local Buyer dinyatakan telah membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan Bermaterai yang memiliki kekuatan hukum yang sama di mata hukum
  Opsional : PKP (Pengusaha Kena Pajak) dan Surat Pernyataan & Buku Tabungan

1.2. Kebijakan Umum Local Buyer

1.2.1 Syarat menjadi Local Buyer ICT

ICT menetapkan beberapa syarat kepada Local Buyer sebagai berikut :
 
1. Warga negara Indonesia
2. Usia minimal 17 tahun keatas atau sudah menikah
3. Bagi Local Buyer yang tidak melakukan Proses Produksi Sendiri (Re-Seller, Broker, Agen, Distributor) wajib untuk mendaftar pada kategori Local Buyer Badan Usaha

1.2.2 Kebijakan ID Local Buyer
ICT memiliki hak untuk menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir User ID Local Buyer secara permanen ataupun sementara dengan ketentuan seperti berikut :
1. Local Buyer di bawah 17 tahun dan/atau dibawah 17 tahun tetapi belum menikah
2. Local Buyer yang mendaftarkan diri dengan menggunakan data palsu atau tidak valid
3. Local Buyer yang mendaftarkan nama perusahaan yang tidak memiliki bukti valid
4. Local Buyer yang terindikasi/terbukti melakukan tindakan kriminal atau melanggar hukum
5. Local Buyer yang terindikasi/terbukti melakukan tindakan kecurangan bertransaksi dan/atau transaksi tidak sehat.
6. Local Buyer yang menggunakan kata-kata terlarang atau tidak sesuai dengan kearifan dan nilai moral atau ilegal
7. Local Buyer yang dilaporkan secara resmi oleh User lain mengenai tindakan kecurangan atau tansaksi yang tidak sehat

1.2.3 Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) Keanggotaan
1. Hal-hal yang AKAN TERJADI ketika Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) keanggotaan langsung :
* Informasi anggota, informasi perdagangan dan lain-lain akan dihapus ketika terjadinya pembatalan keanggotaan
* Informasi identitas seperti kata sandi, alamat e-mail, dan nomor KTP akan disimpan, untuk menghindari hal-hal seperti pembatalan yang tidak disengaja & pendaftaran ulang setelah anggota menarik keanggotaannya
* Jika masih ada informasi transaksi, informasi dasar yang mungkin masih berhubungan dengan informasi produk, pembelian, ID dan informasi transaksi akan disimpan selama 5 tahun setelah Pembatalan Ke-anggota-an untuk manajemen informasi transaksi penjualan
 
2. Hal-hal yang TIDAK AKAN terjadi ketika Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) keanggotaan langsung :

Jenis Hal Metode Penarikan
Informasi Transaksi yang sedang berjalan (pembelian atau penjualan) Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah transaksi selesai.
Sedang dalam proses pencairan dan/atau pengembalian dana Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah anggota mecairkan dan/atau menerima seluruh dana yang terdapat pada rekening ICT.
Produk dan spanduk yang berada ditampilan iklan Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah masa periode iklan selesai.
Informasi yang dicek oleh Pihak Finance/Keuangan ICT Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah pihak Finance/Keuangan mengkonfirmasi informasi tersebut.

Data mengenai point yang tidak dapat dicairkan, scores, informasi keaggotaan, informasi transaksi, dan lain-lain akan dihapus secara bersamaan di saat pembatalan keanggotaan jika anggota menyetujui poin-poin di atas.

1.2.4 Pendaftaran Kembali Setelah Pembatalan Keanggotaan
 
Setelah masa tenggang Pembatalan keanggotaan, calon Local Buyer hanya dapat mendaftar sebagai Anggota Baru. Jadi calon LocalBuyer hanya dapat mendaftar dengan ID baru karena ID lama mereka tidak tersedia dengan menggunakan identitas lama yang sudah pernah digunakan untuk mendaftar. Jika data yang digunakan sebelumnya tidak valid dan hal ini menjadi penyebab atas Pembatalan Keanggotaan, maka calon Local Buyer wajib untuk mendaftar dengan data yang valid.
Anggota Local Buyer yang biasanya membeli produk, dapat mendaftar sebagai Anggota Baru setelah 1 bulan (30 hari) dari waktu Pembatalan Keanggotaan mereka.

1.3 Pembaharuan Keanggotaan

Pembaharuan keanggotaan terjadi jika ada perubahan informasi terkini anggota, dari informasi anggota yang lama ke informasi anggota baru.
Pembaharuan Keanggotaan bisa dilakukan oleh Klient ICT dengan ketentuan berikut ini :
1. Klient ICT yang pada awal mendaftar sebagai Individual Local Buyer diperbaharui menjadi Company Local Buyer
2. Klient ICT yang pada awal mendaftar sebagai Company Local Buyer diperbaharui menjadi Company Seller
3. Klient ICT yang pada awal mendaftar sebagai Individual Local Buyer diperbaharui menjadi Individual Seller
5. Klient ICT yang pada awal mendaftar hanya pada salah satu kategori Klient diperbaharui menjadi di kedua kategori Klient
5. Klient ICT yang pada awal mendaftar di kedua kategori Klient diperbaharui menjadi hanya  di salah satu kategori Klient
Catatan:
Penggunaan ID yang sama, menyetujui “Syarat dan Ketentuan ICT”, memberikan informasi tambahan dan dokumen pendukung serta melakukan prosedur verifikasi sebagaimana ditentukan dalam halaman pendaftaran
Pembaharuan Keanggotaan dilakukan dengan prosedur Penarikan data keanggotaan yang lama dan diganti dengan yang baru
 
2. Fasilitas Layanan Dasar
Para Local Buyer akan mendapatkan beberapa fasilitas dasar seperti berikut:

Tipe Penjelasan
Akun Pribadi Local Buyer Akun Local Buyer di website yang digunakan sebagai akun untuk melakukan pemasangan iklan di website dan pengembalian dana transaksi
Point Transaksi Local Buyer Poin yang diberikan kepada Local Buyer atas transaksi yang berhasil. Point Transaksi Local Buyer tidak dapat diuangkan, ditarik, dan/atau ditransfer antar anggota. Point Transaksi Local Buyer dapat digunakan untuk membeli layanan yang tersedia di Web Site.

  3. Biaya Transaksi
 
1. Local Buyer tidak dikenakan biaya transaksi atas transaksi yang berhasil
2. Local Buyer tidak dikenakan pemotongan Dana Transaksi atas Pesanan yang batal. Pemotongan hanya berlaku sesuai dengan peraturan masing-masing Bank.
3. Local Buyer memahami dan menyetujui Biaya Transaksi yang diberikan ICT kepada Seller atas transaksi yang berhasil. Dalam hal Seller memasukkan Biaya Transaksi pada Harga Jual, Local Buyer tidak diperkenankan untuk melakukan permintaan, rayuan, bujukan, ajakan atau hal-hal yang bersifat agar Seller tidak melakukan transaksi melalui guna mengurangi Harga Jual Produk. pihak-pihak (Seller dan Local Buyer) yang terbukti melakukan hal-hal tersebut diatas maka dianggap telah melakukan transaksi tidak sehat dan akan dilakukan penangguhan dan penghapusan akun. ICT terlepas atas segala tuntutan dan kerugian yang disebabkan oleh tindakan tersebut.
4. ketentuan Permintaan dan Pembelian Produk

1. Local Buyer hanya diperkenankan untuk melakukan Permintaan dan Pembelian terhadap Kelapa dan Produk Olahan-nya.
2. Permintaan Produk selain Kelapa dan Produk Olahan-nya tidak akan ditampilkan dan akan secara otomatis terhapus dari sistem. Local Buyer yang melakukan 3 kali permintaan diluar Kelapa dan Produk Olahannya maka akan di tangguhkan keanggotaannya selama 3 bulan.
3. Local Buyer dapat melakukan permintaan terhadap Kelapa dan Produk Olahan-nya yang tidak terdapat di situs Jual-beli. Dalam hal ini, ICT akan melakukan pendampingan dan memberikan informasi terkait permintaan Local Buyer
4. Apabila diperlukan kunjungan lokasi Seller, maka Local Buyer diwajibkan menanggung seluruh biaya dan akomodasi Tim ICT yang melakukan kunjungan. Apabila Local Buyer berkeberatan, maka dapat melakukan kunjungan tanpa pendampingan Tim ICT. Dalam hal menciptakan transaksi yang sehat, Seller dan Local Buyer diwajibkan meng-informasikan segala hasil dan keputusan yang diperoleh dari hasil kunjungan. apabila terindikasi adanya transaksi yang tidak sehat, maka ICT akan menangguhkan keanggotaan Seller dan/atau Local Buyer.
5. Dalam melakukan Permintaan dan Pembelian Produk, Local Buyer diminta untuk menuliskan dan meng-informasikan Spesifikasi Produk yang Diinginkan sedetail mungkin agar tidak terjadi miss-komunikasi mengenai spesifikasi produk yang diminta atau dibeli
6. apabila terjadi ketidak-sesuaian, kesalahan, kekeliruan dan hal-hal lain yang menyebabkan perbedaan pendapat antara Seller dan Local Buyer mengenai spesifikasi, maka dengan ini Seller dan Buyer melepaskan dan/atau membebaskan ICT dari segala tuntutan baik materiil atau non-materiil yang disebabkan dari miss-komunikasi spesifikasi produk.
7. Pembelian Produk hanya akan diproses oleh Pihak ICT setelah Local Buyer memberikan Konfirmasi Pembelian dan melakukan Pembayaran terhadap Produk yang dibeli ke rekening ICT. Oleh karena itu, ICT menghimbau agar Local Buyer dapat melakukan pembayaran segera setelah Konfirmasi Pembelian. ICT tidak bertanggungjawab atas keterlambatan yang disebabkan oleh keterlambatan Pembayaran. ICT tidak menjamin bahwa Produk yang diinginkan/dibeli masih tersedia apabila Local Buyer tidak melakukan Pembayaran dalam waktu 2×24 jam setelah konfirmasi pembelian.
8. ICT menghimbau kepada Buyer untuk memastikan Spesifikasi Produk antara yang diinginka dengan yang ditawarkan oleh Seller.

 

 

Ketentuan International Buyer ICT

1. International Buyer

1.1 Tentang International Buyer
 
1.1.1 Pengertian International Buyer
 
International Buyer adalah Anggota yang terdaftar di ICT untuk melakukan aktifitas Pembelian yang bukan warga negara Republik Indonesia dan/atau warga negara Indonesia yang berdomisili di luar negeri

1.1.2 Jenis International Buyer

International Buyer hanya diklasifikan menjadi satu, yaitu :

Jenis Hal Definisi
Pembeli Internasional (International Buyer) Anggota yang mendaftarkan dirinya sebagai Pembeli Internasional/International Buyer untuk melakukan transaksi Pembelian. Diwajibkan untuk menyediakan dokumen – dokumen sebagai berikut:
1. Kartu Identitas Kependudukan Asli
2. Nomor Pasport
3. Nomor Rekening Tabungan sesuai dengan Nama Identitas  yang terdaftar.
4. Nomor Registrasi Perusahaan
Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa dokument yang diunggah (Kartu Identitas/Pasport/Rek) merupakan Scan dari document asli dan di print kertas dan bermaterai. Dengan mencentang Persetujuan Syarat dan Ketentuan, maka International Buyer dinyatakan telah membuat dan mengirimkan Surat Pernyataan Bermaterai yang memiliki kekuatan hukum yang sama di mata hukum
Opsional : Letter Of Intens (LOI)

  1.2. Kebijakan Umum International Buyer

1.2.1 Syarat menjadi International Buyer ICT

ICT menetapkan beberapa syarat kepada Local Buyer sebagai berikut :

1. Bukan Warga negara Indonesia atau warga Negara Indonesia yang berdomisili di Luar Negri
2. Usia minimal 17 tahun keatas atau sudah menikah
3. Memiliki perusahaan yang berbadan hukum dan terdaftar

1.2.2 Kebijakan ID International Buyer
 
ICT memiliki hak untuk menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir User ID International Buyer secara permanen ataupun sementara dengan ketentuan seperti berikut :
1. International Buyer di bawah 17 tahun dan/atau dibawah 17 tahun tetapi belum menikah
2. International Buyer yang mendaftarkan diri dengan menggunakan data palsu atau tidak valid
3. International Buyer yang mendaftarkan nama perusahaan yang tidak memiliki bukti valid
4. International Buyer yang terindikasi/terbukti melakukan tindakan kriminal atau melanggar hukum
5. International Buyer yang terindikasi/terbukti melakukan tindakan kecurangan bertransaksi dan/atau transaksi tidak sehat.
6. International Buyer yang menggunakan kata-kata terlarang atau tidak sesuai dengan kearifan dan nilai moral atau ilegal
7. International Buyer yang dilaporkan secara resmi oleh User lain mengenai tindakan kecurangan atau tansaksi yang tidak sehat

 
1.2.3 Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) Keanggotaan
1. Hal-hal yang AKAN TERJADI ketika Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) keanggotaan langsung :
* Informasi anggota, informasi perdagangan dan lain-lain akan dihapus ketika terjadinya pembatalan keanggotaan
* Informasi identitas seperti kata sandi, alamat e-mail, dan nomor KTP akan disimpan, untuk menghindari hal-hal seperti pembatalan yang tidak disengaja & pendaftaran ulang setelah anggota menarik keanggotaannya
* Jika masih ada informasi transaksi, informasi dasar yang mungkin masih berhubungan dengan informasi produk, pembelian, ID dan informasi transaksi akan disimpan selama 5 tahun setelah Pembatalan Ke-anggota-an untuk manajemen informasi transaksi penjualan
2. Hal-hal yang TIDAK AKAN terjadi ketika Pembatalan (menghapus/menangguhkan/menahan/memblokir) keanggotaan langsung :
 

Jenis Hal Metode Penarikan
Informasi Transaksi yang sedang berjalan (pembelian atau penjualan) Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah transaksi selesai.
Sedang dalam proses pencairan dan/atau pengembalian dana Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah anggota mecairkan dan/atau menerima seluruh dana yang terdapat pada rekening ICT.
Produk dan spanduk yang berada ditampilan iklan Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah masa periode iklan selesai.
Informasi yang dicek oleh Pihak Finance/Keuangan ICT Memungkinkan untuk membatalkan keanggotaan setelah pihak Finance/Keuangan mengkonfirmasi informasi tersebut.

Data mengenai point yang tidak dapat dicairkan, scores, informasi keaggotaan, informasi transaksi, dan lain-lain akan dihapus secara bersamaan di saat pembatalan keanggotaan jika anggota menyetujui poin-poin di atas.
 
1.2.4 Pendaftaran Kembali Setelah Pembatalan Keanggotaan
 
Setelah masa tenggang Pembatalan keanggotaan, calon International Buyer hanya dapat mendaftar sebagai Anggota Baru. Jadi calon International Buyer hanya dapat mendaftar dengan ID baru karena ID lama mereka tidak tersedia dengan menggunakan identitas lama yang sudah pernah digunakan untuk mendaftar. Jika data yang digunakan sebelumnya tidak valid dan hal ini menjadi penyebab atas Pembatalan Keanggotaan, maka calon International Buyer wajib untuk mendaftar dengan data yang valid.
Anggota Interntional Buyer yang biasanya membeli produk, dapat mendaftar sebagai Anggota Baru setelah 1 bulan (30 hari) dari waktu Pembatalan Keanggotaan mereka.
 
2. Fasilitas Layanan Dasar
 
Para Interntional Buyer akan mendapatkan beberapa fasilitas dasar seperti berikut:

Tipe Penjelasan
Akun Pribadi International Buyer Akun Interntional Buyer di website yang digunakan sebagai akun untuk melakukan pemasangan iklan di website dan pengembalian dana transaksi
Point Transaksi Interntional Buyer Poin yang diberikan kepada Interntional Buyer atas transaksi yang berhasil. Point Transaksi International Buyer tidak dapat diuangkan, ditarik, dan/atau ditransfer antar anggota. Point Transaksi International Buyer dapat digunakan untuk membeli layanan yang tersedia di Web Site.

3. Biaya Transaksi

1. International Buyer tidak dikenakan biaya transaksi atas transaksi yang berhasil
2. Interntional Buyer tidak dikenakan pemotongan Dana Transaksi atas Pesanan yang batal. Pemotongan hanya berlaku sesuai dengan peraturan masing-masing Bank.
3. Interntional Buyer memahami dan menyetujui Biaya Transaksi yang diberikan ICT kepada Seller atas transaksi yang berhasil. Dalam hal Seller memasukkan Biaya Transaksi pada Harga Jual, International Buyer tidak diperkenankan untuk melakukan permintaan, rayuan, bujukan, ajakan atau hal-hal yang bersifat agar Seller tidak melakukan transaksi melalui ICT guna mengurangi Harga Jual Produk. pihak-pihak (Seller dan International Buyer) yang terbukti melakukan hal-hal tersebut diatas maka dianggap telah melakukan transaksi tidak sehat dan akan dilakukan penangguhan dan penghapusan akun. ICT terlepas atas segala tuntutan dan kerugian yang disebabkan oleh tindakan tersebut.

4. ketentuan Permintaan dan Pembelian Produk

1. International Buyer hanya diperkenankan untuk melakukan Permintaan dan Pembelian terhadap Kelapa dan Produk Olahan-nya.
2. Permintaan Produk selain Kelapa dan Produk Olahan-nya tidak akan ditampilkan dan akan secara otomatis terhapus dari sistem. International Buyer yang melakukan 3 kali permintaan diluar Kelapa dan Produk Olahannya maka akan di tangguhkan keanggotaannya selama 3 bulan.
3. International Buyer dapat melakukan permintaan terhadap Kelapa dan Produk Olahan-nya yang tidak terdapat di situs Jual-beli. Dalam hal ini, ICT akan melakukan pendampingan dan memberikan informasi terkait permintaan International Buyer
4. Apabila diperlukan kunjungan lokasi Seller, maka International Buyer diwajibkan menanggung seluruh biaya dan akomodasi Tim ICT yang melakukan kunjungan. Apabila Interntional Buyer berkeberatan, maka dapat melakukan kunjungan tanpa pendampingan Tim ICT. Dalam hal menciptakan transaksi yang sehat, Seller dan International Buyer diwajibkan meng-informasikan segala hasil dan keputusan yang diperoleh dari hasil kunjungan. apabila terindikasi adanya transaksi yang tidak sehat, maka ICT akan menangguhkan keanggotaan Seller dan/atau International Buyer.
5. Dalam melakukan Permintaan dan Pembelian Produk, Interntional Buyer diminta untuk menuliskan dan meng-informasikan Spesifikasi Produk yang Diinginkan sedetail mungkin agar tidak terjadi miss-komunikasi mengenai spesifikasi produk yang diminta atau dibeli
6. apabila terjadi ketidak-sesuaian, kesalahan, kekeliruan dan hal-hal lain yang menyebabkan perbedaan pendapat antara Seller dan International Buyer mengenai spesifikasi, maka dengan ini Seller dan Buyer melepaskan dan/atau membebaskan ICT dari segala tuntutan baik materiil atau non-materiil yang disebabkan dari miss-komunikasi spesifikasi produk.
7. Pembelian Produk hanya akan diproses oleh Pihak ICT setelah Interntional Buyer memberikan Konfirmasi Pembelian dan melakukan Pembayaran terhadap Produk yang dibeli ke rekening ICT. Oleh karena itu, ICT menghimbau agar International Buyer dapat melakukan pembayaran segera setelah Konfirmasi Pembelian. ICT tidak bertanggungjawab atas keterlambatan yang disebabkan oleh keterlambatan Pembayaran. ICT tidak menjamin bahwa Produk yang diinginkan/dibeli masih tersedia apabila International Buyer tidak melakukan Pembayaran dalam waktu 2×24 jam setelah konfirmasi pembelian.
8. ICT menghimbau kepada Buyer untuk memastikan Spesifikasi Produk antara yang diinginkan dengan yang ditawarkan oleh Seller.

 

 

1. Ketentuan Seputar Keaggotaan ICT

1.1 Definisi Anggota ICT
Anggota ICT adalah orang yang melakukan proses registrasi di Situs jual-beli ICT dengan memberikan “Informasi Pribadi” yang valid secara sukarela dan dengan kesadaran diri sendiri yang berkomitmen untuk melestarikan Kelapa dan Produk turunannya melalui aktivias bisnis.

1.2 Jenis Keanggotaan

Jenis keanggotaan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu

Jenis Keanggotaan Kategori Anggota Definisi Keanggotaan
Klient ICT Seller Anggota yang terdaftar dan melakukan proses penjualan atau penawaran produk
layanan yang diterima berbeda untuk setiap jenis klasifikasi anggota
definis lebih lanjut bisa dilihat pada “ketentuan seller”.
Local Buer Anggota yang terdaftar dan melakukan proses pembelian atau permintaan produk
layanan yang diterima berbeda untuk setiap jenis klasifikasi anggota
definisi lebih lanjut bisa dilihat pada “ketentuan local buyer”.      
International Buyer Anggota yang terdaftar dan melakukan proses pembelian atau permintaan produk
layanan yang diterima berbeda untuk setiap jenis klasifikasi anggota
definisi lebih lanjut bisa dilihat pada “ketentuan international buyer”
Non-Klient ICT Free User orang/pelanggan/pengguna internet yang melakukan aktivitas kinjungan ke situs jual-beli ICT tanpa melakukan proses pendaftaran
jenis layanan untuk kategori ini sangat terbatas
untuk melakukan penjualan atau penawaran dan pembelian atau permintaan, maka harus melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu.

1.3 Pendaftaran Klient

1.3.1 Proses pendaftaran klient
Non-Klient yang ingin melakukan aktivitas penjualan/penawaran dan/atau pembelian/permintaan suatu produk, dapat melakukan registrasi pada halaman registrasi yang sudah disediakan dengan mengisikan data-data pribadi yang valid yang diperlukan. Adapun data pribadi yang harus dilengkapi dijelaskan pada ponit informasi data pendaftaran klient.

1.3.2 Informasi Data Pendaftaran Klient
Informasi data pendaftaran klient yang diperlukan adalah sebagai berikut :

Jenis Informasi Data Kategori Klient
Seller Local Buyer International Buyer
Individual Seller Company Seller Individual Local Buyer Company Local Buyer
Email
Password dan Konfirmasinya
Nomor Telpon Seluler Aktif dan Terdaftar
Verifikasi Nomor Telpon Seluler Aktif dan Terdaftar
Nomor KTP/NPWP/Pasport/data identitas diri
Nomor SIUP/PKP/TDP/NPWP Perusahaan/Nomor Registrasi Perusahaan    
Foto/Scan KTP/NPWP/Pasport/data identitas diri
Foto/Scan SIUP/PKP/TDP/NPWP Perusahaan/Form Registrasi Perusahaan    

  1.3.3 Proses konfirmasi email
Setelah melakukan proses pendaftaran, Klient akan menerima email sukses registrasi. Di dalam email tersebut, Klient akan diminta untuk melakukan konfirmasi dengan menekan tombol yang tersedia. Konfirmasi email ini diperlukan untuk memastikan klient menerima informasi status transaksi yang dilakukan. Klient tetap dapat bisa melakukan penjualan/penawaran dan/atau pembelian/permontaan meskipun tidak melakukan konfirmasi email.

1.4 Verifikasi Nomor Telepon
Kode verifikasi akan dikirimkan melalui sms ke nomor handphone yang didaftarkan (6-digit kode)
Jika member tidak mendapatkan kode verifikasi, maka klient dapat menekan tombol Kirim Ulang.
Jika Klient telah mengirim ulang kode verifikasi hingga 5 kali dan tidak kunjung mendapatkan kode verifikasi, maka Klient dapat meminta kode verifikasi kembali keesokan harinya atau menghubungi Customer Service untuk bantuan lebih lanjut.
Klient yang tidak memverifikasi nomor telepon tidak dapat melakukan proses transaksi penjualan/penawaran dan/atau pembelian/permintaan.
Nomor yang telah diverifikasi oleh satu akun tidak dapat diverifikasi oleh akun yang lain. Satu nomor hanya berlaku untuk satu akun.

1.5 Perubahan atau Pembaharuan Informasi/Data Klient
Klient dapat melakukan perubahan informasi pribadi. Adapun informasi/data Klient yang dapat dilakukan perubahan adalah:
 

Jenis Informasi Data Kategori Klient
Seller Local Buyer International Buyer
Individual Seller Company Seller Individual Local Buyer Company Local Buyer
Password
Nomor Telpon Seluler Aktif dan Terdaftar
Verifikasi Nomor Telpon Seluler Aktif dan Terdaftar
Alamat Kantor atau Perusahaan
Jenis Layanan atau Fasilitas

Perihal Pembaharuan keanggotaan dapat dilihat pada ketentuan masing-masing kategori Klient.

1.6 Keluar dari Keanggotaan
Saat Klient keluar/berhenti dari status keanggotaan maka data point keanggotaan, informasi status member, dan lain-lain akan dihapus secara langsung dari sistem situs jual-beli ICT. ICT akan menyimpan password, email ID, nomor telpon dan nama jelas selama 1 (satu) bulan untuk mencegah pembatalan secara acak/ketidaksengajaan dan pendaftaran kembali dengan identitas yang sama
ICT akan tetap menyimpan informasi transaksi, informasi dasar, informasi produk, dan informasi transaksi yang berkaitan dengan transaksi penjualan dan/atau pembelian selama 5 (lima) tahun setelah Klient keluar untuk kepentingan manajemen informasi transaksi penjualan dan/atau pembelian.

1.7 Kondisi terkait proses klient keluar dari keanggotaan
Jika transaksi jual beli sedang berlangsung maka klient dapat keluar dari keanggotaan setelah transaksi selesai.
Saat sedang proses pengembalian dana, maka klient dapat keluar dari keanggotaan setelah proses pengembalian dana selesai.
Point yang telah terkumpul dan tidak bisa di-uangkan maka akan terhapus dan tidak bisa dijual kepada klient lainya.

1.8 Pendaftaran kembali setelah Klient keluar dari status keanggotaan
Klient yang sebelumnya telah keluar dari Keanggotaan ICT, dapat kembali mendaftar sebagai Klient ICT dengan ID (e-mail) yang sebelumnya digunakan setelah 1 bulan atau 30 hari semenjak keluar dari Keanggotaan ICT.
Jika Klient ingin melakukan pendaftaran kembali kurang dari 1 bulan (30 hari) semenjak keluar dari keanggotaan, Klient dapat menghubungi Customer Service ICT untuk bantuan pendaftaran ulang.

1.9 Status Klient

1.9.1 Pemberhentian Sementara (Temporary Suspend)
ICT akan membekukan atau memberhentikan sementara akun yang dianggap tidak mentaati syarat dan ketentuan.
Klient yang diberhentikan sementara harus tidak boleh melakukan pembatalan transaksi jual-beli yang telah dilakukan.
Akun yang diberhentikan sementara masih dapat mengunjungi situs jual-beli ICT dengan menggunakan fasilitas Non-Klient

1.9.2 Pemberhentian Permanen (Permanent Suspend)
ICT akan memblokir akun Klient yang secara jelas telah terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap syarat & ketentuan ICT dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia.
Akun yang diblokir tidak dapat digunakan untuk mengunjungi situs jual-beli ict

1.10 Kebijakan seputar Akun Klient
1 (Satu) orang hanya diperbolehkan memiliki 1(Satu) Akun Klient.

Produk Layanan dan Fasilitas situs jual-beli ICT dijual terbatas per Klient

ICT berhak untuk menghentikan layanan dan fasilitas, membatalkan proses transaksi jual-beli yang sedang ataupun sudah terjadi kesepakatan jika ditemukan dan dibuktikan pelanggaran terhadap syarat & ketentuan dan hukum yang berlaku di Indonesia.

1.11 Ketentuan pembuatan password
Password terdiri dari minimal 6 (enam) karakter dan maksimum 15 (lima belas) karakter, dengan kombinasi huruf besar/kecil dan angka tanpa adanya spasi. Password yang terdiri dari angka atau huruf saja tidak diperbolehkan.

2. Proses Login

2.1 Ketentuan Seputar Proses Login

Ada 4 jenis layanan login, yaitu : login klient, login Seller, login local buyer dan login international buyer. Dengan keterangan sebagai berikut :

Jenis Login Keterangan Login
Login Klient Jenis login yang dilakukan oleh Pengguna yang mendaftar sebagai klient, seller dan local buyer. Jenis login ini dapat melakukan proses penjualan dan pembelian.
Login Seller Jenis login yang dilakukan oleh Pengguna yang mendaftar hanya sebagai seller. Jenis login ini hanya dapat melakukan proses penjualan.
Login Local Buyer Jenis login yang dilakukan oleh Pengguna yang mendaftar hanya sebagai local buyer. Jenis login ini hanya dapat melakukan proses pembelian.
Login International Buyer Jenis login yang dilakukan oleh Pengguna yang mendaftar sebagai International Buyer. Jenis login ini dapat melakukan proses pembelian.

2.2 Metode Login
Login menggunakan email dan password yang dibuat pada saat Pendaftaran keanggotaan.
 
2.3 Keamanan Login
ICT menjamin keamanan sistem login dengan menggunakan jasa layanan pihak ketiga yang telah berpengalaman
ICT akan otomatis memblok akun setelah kesalahan informasi login secara terus menerus dan dapat kembali login setelah melakukan permintaan ke bagian Customer Service.
Akun akan terkunci secara otomatis setelah 5 (lima) kali gagal login secara terus-menerus dan kemungkinan tidak akan ada pemberitahuan mengenai pem-blokiran akun dari ICT.
 
2.4 Membuka akun yang terkunci
Klient yang memiliki akun terkunci dikarenakan kesalahan memasukan password diperbolehkan untuk mendapatkan kembali akses melalui Customer Service.

2.5 Forgot Password
Jika Klient tidak dapat melakukan login dikarenakan lupa Password yang dimiliki, maka Klient dapat mencari Akun dengan Forgot Password, dengan mengisikan e-mail yang digunakan sebagai Akun saat ini, perubahan password sementara akan dikirimkan melalui email, kemudian password dapat diubah.