Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di www.indonesiacoconut.co.id

Syarat & ketentuan yang ditetapkan dibawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh Indonesia Coconut Trade terkait penggunaan situs www.indonesiacoconut.co.id . Klien disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Klien di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.indonesiacoconut.co.id , maka Klien dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & Ketentuan. Syarat & Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Klien dengan Indonesia Coconut Trade. Jika Klien tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka Klien tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.indonesiacoconut.co.id.

A.Definisi

  1. Indonesia Coconut Trade adalah sebuah perusahaan yang menjalan kegiatan usaha jasa pemasaran dan penjualan khusus Kelapa dan Produk Turunannya yang memiliki situs web indonesiacoconut.co.id , yaitu situs pemasaran dan penjualan yang dicantumkan Oleh Klien Terdaftar. Selanjut disebut ICT
  2. Situs ICT adalah indonesiacoconut.co.id
  3. Syarat & Ketentuan adalah perjanjian antara Klien dan ICT yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggungjawab Klien dan ICT, serta tata cara penggunaan system layanan ICT.
  4. Peraturan mengenai hal yang lebih spesifik diatur dan dibuatkan secara terpisah dan disepakati bersama oleh Klien dan ICT.
  5. Klien adalah pihak yang menggunakan layanan ICT, berupa layanan Pemasaran, Penjualan dan Permintaan Produk Kelapa dan Turunannya.
  6. Penjual adalah Klien terdaftar yang melakukan Penawaran atas Produk Kelapa dan Turunannya kepada Pengunjung Situs ICT.
  7. Pembeli adalah Klien terdaftar yang melakukan Permintaan atau Pembelian terhadap Produk Kelapa dan Turunannya yang dipasarkan dan dijual oleh Klien yang memiliki Produk Kelapa dan Turunannya di Situs ICT.
  8. Buyer adalah Pengguna yang terdaftar yang melakukan Permintaan atau Pembelian terhadap Produk Kelapa dan Turunannya yang dipasarkan dan dijual oelh Klien di SItus ICT.
  9. Produk adalah barang yang dihasilkan dan/atau dimiliki oleh Klien yang dipasarkan dan dijual oleh Klien di Situs ICT.
  10. Pengguna adalah Klien, Penjual, Pembeli dan Buyer yang menggunakan jasa layanan web ICT.
  11. Rekening Resmi ICT adalah rekening bersama yang telah disepakati oleh ICT, Klien dan Buyer untuk proses transaksi jual-beli di Situs ICT. Rekening resmi ICT dapat ditemukan di halaman : www.

 

B. AKUN, SALDO ICT, PASSWORD DAN KEAMANAN

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum yang berlaku.
  2. ICT tidak mengenakan Biaya Pendaftaran untuk Klien.
  3. ICT tidak mengenakan Biaya Pendaftaran untuk Buyer
  4. Pengguna yang telah mendaftar berhak untuk bertindak sebagai :
  • Klien (Penjual dan Pembeli)
  • Buyer
  1. Pengguna yang bertindak sebagai Klien diwajibkan untuk melakukan proses verifikasi dan validasi terlebih dahulu. Setelah proses verifikasi dan validasi, Klien berhak untuk melakukan transaksi jual-beli di Situs ICT sesuai dengan Peraturan yang telah ditetapkan.
  2. ICT tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki wewenang untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa Penarikan Produk dari Situs, Penangguhan menampilkan Produk di Situs, Pembatalan Listing, Supensi Aku, Penghapusan Produk dari Situs, dan/atau Penghapusan Akun Pengguna hingga mem-Blacklist Pengguna.
  3. ICT memiliki kewenangan untuk Menghapus akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ICT.
  4. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada system ICT, termasuk namun tidak tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Pengguna; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatis dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (iv)penambahan limit jumlah produk secara illegal; dan/atau (v) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi system.
  5. ICT berkewenangan untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi Pengguna. Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadiatau akun pribadi lainnya.
  6. ICT berkewenangan untuk melakukan pembekuan akun atau transaksi Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan ketentuan ICT.
  7. Penjual dilarang melakukan duplikasi Produk dan/atau tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan yang tidak sehat.
  8. Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah user id, kode produk dan domain produk pengguna.
  9. Pengguna bertanggungjawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun pengguna.
  10. ICT tidak akan meminta email, username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu ICT menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan ICT atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  11. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu ICT jika ada pengunaan tanpa izin atas sandi dan akun Pengguna.
  12. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa ICT tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.
  13. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal yang telah ditetapkan oleh penyedia jasa layanan telekomunikasi.

 

C. REKENING BERSAMA ICT

  1. Rekening bersama ICT adalah rekening yng digunakan untuk melakukan Pembayaran atas transaksi yang terjadi dalam situs ICT
  2. ICT tidak bertanggungjawab atas transaksi yang terjadi apabila tidak menggunakan rekening bersama ICT
  3. Mengenai Persyaratan Penggunaan rekening bersama beserta hak dan tanggungjawab masing-masing Pihakdijelaskan seara terpisah dalam Perjanjian Kerjasama.
  4. ICT berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan segala tindakan yang dianggap perlu jika terdapat/diduga adanya tindakan Pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ICT da ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Negara Indonesia.
  5. Dengan menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama maka Klien menyatakan kesediaannya untuk menggunakan Rekening Bersama ICT sebagai Rekening transaksi dan termasuk didalamnya hak dan kewajiban masing-masing Pihak.
  6. Jika ada tansaksi dari ICT yang dibatalkan, maka dana tersebut akan dikembalikan ke sumber asal dana.

 

D. TRANSAKSI PEMBELIAN

  1. Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh ICT. Pengguna melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pengguna, dan kemudian ICT aka meneruskan dana ke pihak Pengguna yang bertindak sebagai Penjual apabila transaksi jual beli pada system ICT telah selesai.
  2. Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa :
  • Pembeli bertanggungjawab untuk membaca, memahami dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada spek, kualitas, lokasi dan lainnya) sebelum membuat Surat Pernyataan Minat untuk membeli produk
  • Pembeli mengakui bahwa aspek warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs ICT tergantung pada monitor komputer Pembeli. ICT telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di situs ICT muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada situs ICT akan akurat.
  • ICT hanya bertindak sebagai mediator antara Penjual dan Pembeli sebagaimana tertuang dalam Kebijakan mengenai Hak dan Tanggungjawab Para Pihak.
  • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Produk ketika Pengguna membeli suatu Produk.
  • ICT tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stock Produk merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Produk tersebut. Terkait ketersediaan stock Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stock Produk kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran yang telah dilakukan atas Produk yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
  2. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi ICT dan/atau tanpa sepengetahuan ICT (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs ICT atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
  3. ICT memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  4. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari atau sesuai dengan kesepakatan yang tercipta) setelah Penjual dan Pembeli melakukan Penutupan Penawaran/Closing Bidding. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, ICT memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud yang selanjutnya akan memberikan info kepada Penjual. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  5. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh ICT.
  6. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayran kepada pihak lain selain ICT. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut aka menjadi tanggung jawab Pembeli.
  7. Pembeli wajib melakukan Konfirmasi Serah-Terima Produk, setelah Produk yang dibeli di serah-terimakan oleh Penjual sesuai dengan kesepakatan bersama. ICT memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah Serah-Terima Produk bersatatus “OK” pada system ICT, untuk Pembeli melakukan Konfirmasi Serah-Terima Produk. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya Konfirmasi Serah-Terima Produk secara otomatis oleh system ICT.
  8. Setelah adanya Konfirmasi Serah-Terima Produk atau Konfirmasi Serah-Terima Produk otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke rekening resmi ICT akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
  9. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang disampaikan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Produk adalah bukan menjadi tanggungjawab ICT. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Produk menjadi tanggungjawab Pembeli secara pribadi.
  10. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Produk yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah tanggungjawab dari Pembeli.
  11. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank rekening resmi ICT adalah tanggungjawab Pembeli secara Pribadi.
  12. Pengembalian dana dari ICT kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini :
  • Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga barang
  • Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai.
  • Penjual tidak bisa menyanggupi order karena full demand, kehabisan stock, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya.
  • Penjual sudah menyanggupi pengiriman order barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
  • Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari ICT.
  1. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Rekening bersama ICT ke rekening milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
  2. ICT berwenang megambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada dan dengan melibatkan tim ahli dari pihak ketiga. Keputusan ICT adalah keputusan akhir yang tidak apat diganggu gugat dan akan mengikat Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  3. Apabila pembeli memilih metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka nominal kode untuk unik akan diteruskan ke rekening CSR ICT.
  4. ICT memliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi “TERKIRIM” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari jasa pengiriman atau pihak ekspedisi setelah 10 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari Pihak Pembeli perihal barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, ICT memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan barang atau (ii) komplain. Jika dalam waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplaik apapun dari Pembeli, maka ICT memliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana ke Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.

 

E. TRANSAKSI PENJUALAN

  1. Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
  2. Penjual dilarang melakukan penawaran/berdagang selain Kelapa dan Produk Turunannya beserta Arang dan/atau Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan “Jenis Barang”.
  3. Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka ICT berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
  4. Dalam menggunakan fasilitas layanan situs ICT, penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penangguhan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan ICT, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan ICT.
  5. Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak Pemesanan Produk dari pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi Pemesanan Produk dari ICT. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan.
  6. Penjual wajib memberikan informasi mengenai data/dokumen pengiriman Produk dalam batas waktu 4 hari (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi Pemesanan Produk dari ICT. Jika dalam batas waktu tersebut pihak penjual tidak memberikan informasi data/dokumen pengiriman Produk, maka Penjual wajib untuk memberikan informasi terbaru terkait status Produk yang dipesan oleh Pembeli dan jika Penjual tidak memberikan informasi dalam waktu yang telah ditetapka maka Pemesanan Produk dibatalkan dan/atau Penjual meminta waktu untuk melakukan pengiriman Produk maka Penjual wajib memberikan estimasi waktu pengiriman Produk yang dipesan.
  7. Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas Harga Produk dan ongkos kirim (diluar biaya transfer / administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil dan/atau ketentuan lain yang diatur dalam Syarat & Ketentuan.
  8. Dalam keadaan Penjual hanya dapat memenuhi sebagian dari jumlah Barang yang dipesan oleh Pembeli, maka Penjual wajib memberikan keterangan kepada ICT sebelum menerima pesanan dimaksud. Pembeli memiliki kewenangan penuh untuk menyetujui melanjutkan transaksi/membatalkan transaksi dan Penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuan dari Pembeli. Apabila telah disetujui ulang oleh pembeli sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi oleh Penjual, maka selisih dana total harga Barang akan dikembalikan kepada Pihak Pembeli. Namun apabila penjual tetap melanjutkan transaksi tersebut tanpa persetujuan dari Pembeli, maka Penjual menyetujui bahwa hal ini akan menjadi tanggung jawab Penjual sepenuhnya.
  9. ICT memiliki kewenangan untuk menahan pembayaran dana di Rekening Resmi ICT sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari Pihak Pembeli terkait proses pengiriman dan kualitas barang. Pembayaran baru akan diteruskan kepada Penjual apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau Produk telah diterima oleh Pembeli.
  10. ICT berwenang untuk membatalkan dan/atau menahan dana transaksi dalam hal : (i) data/dokumen pengiriman barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs ICT; (ii) Penjual mengirimkan barang melalui jasa kurir/logistic selain dari yang disediakan dan terhubung dengan situs ICT dan/atau yang telah disepakati oleh Penjual dan Pembeli dalam hal ini ICT terlepas dari Tanggungjawab Transportasi; (iii) ICT berhak membatalkan/menahan dana transaksi jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim.
  11. Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus oleh masing-masig Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  12. ICT berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada dan keterangan dari Tim Ahli Independent. Keputusan ICT adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
  13. Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan.
  14. ICT berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran Pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada Pembeli.

 

F. KOMISI

  1. Sistem komisi antara ICT dan Pengguna diatur dalam Perjanjian Kerjasama.
  2. ICT akan memberikan informasi lebih lanjut terkait akan adanya perubahan dalam system komisi.

 

G. HARGA

  1. Harga Barang yang terdapat dalam situs ICT adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun. ICT tidak menetapkan harga. ICT tidak me-mark up harga jual.
  2. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs ICT dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
  3. Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Jual Produk yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh Pembeli.
  4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab ICT.
  5. Dengan melakukan pemesanan melalui ICT, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran dan/atau proses negosiasi/penawaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih dan disepakati sebelumnya oleh Pengguna.

 

H. TARIF PENGIRIMAN

Pembeli memahami dan mengerti bahwa ICT telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tariff pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun ICT tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.

Karena itu ICT menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tariff yang diberikan ICT, agar dapat dibandingkan dengan tariff yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepaa kami dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Produk adalah di luar tanggung jawab ICT, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.

 

I. KONTEN

  1. Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan ICT, pengguna diarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai norma sosial. ICT berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun dan lain-lain.
  2. Konten foto, spesifikasi produk, lokasi dan konten lainnya yang ditampilkan dalam situs adalah milik Pengguna sendiri, ICT terlepas dari tanggungjawab apabila ada pihak yang complain dan ICT berhak untuk melakukan tindakan yang diperlukan atas complain tersebut.
  3. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  4. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  5. Penjual tidak diperkanankan untuk mempergunakan foto/gambar Produk sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs ICT, memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  6. Ketika pengguna menggunggah ke Situs ICT dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan ICT hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalty, disublisensikan (melalui beberapa tingkatan) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap ICT.
  7. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna ke dalam situs ICT. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs ICT.
  8. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan up-to-date, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta ICT bertanggungjawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.

 

J. JENIS PRODUK

Berikut ini adalah daftar Jenis Produk yang diperjual-belikan oleh Penjual dan Pembeli pada situs ICT:

  1. Bibit Pohon Kelapa
  2. Kelapa Bulat
  3. Daging kelapa
  4. Air kelapa
  5. Nata de Coco
  6. Nata Starter
  7. Cocofiber
  8. Cocopeat
  9. Kopra Putih
  10. Kopra Asalan
  11. Bungkil Kopra
  12. Virgin Coconut Oil
  13. Coconut Cooking Oil
  14. Refined, Bleached and Deodorized Oil
  15. Desiccated Coconut
  16. Gula Kelapa
  17. Batok Kelapa
  18. Arang Batok
  19. Arang Sawit
  20. Arang Kayu
  21. Briket Arang Batok Kelapa
  22. Briket Arang Sawit
  23. Briket Arang Kayu
  24. Bubuk Batok Kelapa
  25. Asap Cair
  26. Bristle
  27. Sapu Lidi
  28. Sapu Ijuk
  29. Kerajinan Berbahan baku Pohon Kelapa
  30. Pupuk
  31. Kayu Kelapa (dengan zizin khusus dari instansi terkait atau sesuai dengan peraturan ICT yaitu minimal umur kayu kelapa yang dipejualbelikan adalah 50 Tahun dengan bukti dari instansi terkait).
  32. Barang atau Produk hasil olahan lainnya.

Selain Jenis Produk yang disebutka diatas maka Pengguna dilarang untuk memperjual-belikan.

 

K. PENGIRIMAN BARANG

  1. Pengiriman Barang dalam system ICT wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan ICT yang telah dipilih oleh Pembeli.
  2. Penjual diperbolehkan untuk memasukkan atau tidak memasukkan biaya pengiriman pada setiap Produk yang dijual di dalam Situs ICT.
  3. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
  4. Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap barang yang dikirimkan. Terkecuali mengenai permintaan packing yang diinginkan Pembeli.
  5. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Produk oleh penyedia jasa layanan pengiriman Produk adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  6. Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. ICT tidak menerima pengembalian atau pengiriman barag atas transaksi yang dilakukan Pengguna dalam kondisi apapun.

 

 

L. TRANSFER DANA PEMBAYARAN

  1. Tranfer Dana Pembayaran akan dilakukan apabila transaksi telah sukes tanpa adanya pihak yang keberatan.
  2. Transfer Dana Pembayaran akan dilakukan pada hari yang sama, namun penerimaan Dana di rekening Penerima mungkin akan berbeda tergantung dengan Bank yang digunakan.
  3. Biaya Administrasi atau biaya tambahan lainnya yang berkaitan dengan Transfer Dana, maka akan menjadi tanggungan Penerima Dana.
  4. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ICT, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ICT berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap Transfer Dana Pembayaran.
  5. Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan Transfer Dana Pembayaran dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak ICT.

 

M. PUSAT PENYELESAIAN MASALAH

 

  1. Pusat Penyelesaian Masalah adalah fasilitas yang disediakan oleh ICT untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.
  2. Fasilitas ini akan secara otomatis menjadi acuan untuk menahan dana pembayaran Pembelian Produk ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Pusat Penyelesaian Masalah selesai.
  3. Dalam menggunakan fasilitas ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual-beli berupa foto barang, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argument yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
  4. Penyelesaian permasalahan melalui fasilitas ini dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan Penjual.
  5. Dalam mencari solusi diutamakan menggunakan musyawarah mufakat dengan system kekeluargaan dan apabila tidak terjadi kesepakatan maka akan menggunakan system lain yang telah diatur dalam Syarat & Ketentuan.
  6. Dengan menempuh jalur kekeluargaan, maka Penjual dan Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ICT berwenang untuk memberikan solusi dalam pengambilan keputusan dan jika tidak didapati kesepakatan kekeluargaan maka ICT berwenang untuk mengambil keputusan dengan bukti yang ada sesuai dengan Syarat & Ketentuan.
  7. Jika Penjual dan/atau Pembeli tidak memberikan jawaban setelah adanya laporan lebih dari 3 hari, maka Penjual dan/atau Pembeli memiliki hak untuk menghubungi pihak ICT melalui email, telpon dan media komunikasi lainnya.
  8. Jika dalam waktu 3 hari atau sesuai waktu yang telah disepakati bersama tidak didapati kesepakatan bersama, maka Pembeli dan Penjual memiliki hak yang sama untuk melanjutkan melalui Jalur Hukum. Dalam tahapan ini, ICT akan meminta pendampingan dari kuasa hukum ICT untuk menjaga eksistensi ICT yang bersifat netral dalam menangani Permasalahan Transaksi.
  9. Dengan menggunakan jalur Hukum, maka Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa, Pihak Pengadilan yang berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi oleh masing-masing pihak dan ICT terlepas dari semua tuntutan baik dimasa sekarang atau yang akan datang perihal permasalahan tersebut.
  10. ICT berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Pusat Penyelesaian Masalah, meskipun salah satu pihak (Penjual atau Pembeli) belum memberikan info dan/atau laporan, dalam hal; (i) adanya informasi pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain jasa pengiriman yang memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman paket; (ii) bukti dari pembeli dan/atau penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email ICT, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Pusat Penyelesaian Masalah dengan dasar transparansi masalah; (iii) laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaiann Penjual atau Pembeli; (iv) salah satu pihak (Penjual atau Pembeli) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) kondisi tertentu yang menyebabkan ICT perlu segera melakukan mediasi.
  11. Atas keputusan pertama ICT diatas, baik Penjual dan Pembeli memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
  12. Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa keputusan ICT atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk memematuhinya dan jika salah satu Pihak berkeberatan maka bisa menempuh jalur hukum sebagai jalan terakhir.
  13. Pengguna memahami bahwa Pusat Penyelesaian Masalah tidak berlaku untuk Produk dari Pihak Kedua (Trader/Broker/Mediator/Makelar yang tanpa Surat Kuasa dari Pihak Pertama atau Pemilik/produsen), dan semua Produk yang tidak terdaftar dalam daftar jenis Produk yang diperjual-belikan di ICT seperti yang ada di halaman Syarat & Ketentuan.
  14. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Penyelesaian Masalah, Pembeli dan Penjual wajib memberika tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan bersama (Pnjual dan Pembeli dan diketahui oleh ICT) pada diskusi terkait.
  15. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelah adanya kesepakatan untuk pengiriman Produk kembali kepada Penjual, apabila dalam 3 hari atau waktu yang disepakati (tidak termasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung setelah Penjual memberika alamat, didapati bahwa tidak ada pengiriman Produk kembali dari Pembeli, maka ICT berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
  16. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa batas waktu pemberian bukti (termasuk apabila dibutuhkan alamat pengembalian barang) ialah 3 hari terhitung sejak ICT melakukan permitaan bukti kepada Pembeli atau Penjual atas trasaksi terkait.
  17. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa Tata cara penggunaan/pelaksanaan fasilitas Pusat Penyelesaian Masalah dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

 

N. KETENTUAN LAIN

  1. Dengan mempergunakan fasilitas yang tersedia dalam situs dan sistem ICT maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala Syarat & Ketentuan yang diatur sehubungan dengan fasilitas yang tersedia dan melepaskan ICT dari segala tuntutan baik secara moral, material dan hukum dimasa sekarang ataupun di masa yang akan datang
  2. Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam Syarat & Ketentuan maka sepenuhnya akan menjadi wewenang ICT dengan melakukan koordinasi dengan tim independent.

 

O. PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

ICT adalah portal web B2B (Business to Business), webmarket atau Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website ICT.

Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi yang terjadi bisa antar member ICT, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab ICT secara proposional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

ICT selalu berupaya untuk menjaga Fasilitas dan Layanan ICT aman, nyaman dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak menjamin operasi terus-menerus atau akses ke fasilitas dan Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs ICT memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan fasilitas dan Layanan ICT atas resiko Pengguna sendiri, dan Layanan ICT diberikan kepada Anda pada “SEPERTI APA ADANYA” dan “SEPERTI APA YANG TERSEDIA”.

Sejauh diizinkan oleh hukum ang berlaku, ICT (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut ICT bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian ( seperti hilangnya uang, reputasi, keuntungan atau kerugian tak berwujud lainya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  • Pengguna atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan fasilitas Layanan ICT.
  • Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan ICT.
  • Keterlambatan dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  • Kualitas Barang
  • Pengiriman Barang
  • Pelanggaran hak atas Kekayaan Intelektual.
  • Perselisihan antar Pengguna.
  • Pencemaran nama baik pihak lain.
  • Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi ICT, yang dengan cara apapun mengatas-namakan ICT ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  • Pengiriman untuk perbaikan atau pergantian atau penukaran Produk yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat melakukan komunikasi langsung dengan Penjual dengan diketahui oleh Pihak ICT.
  • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainya yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan ICT.
  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan ICT
  • Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan ICT.
  • Isi, tindakan atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs ICT yang diduga palsu.
  • Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

 

P. PELEPASAN

Jika salah satu Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna, maka Pengguna melepaskan ICT (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan den kerugian dalam bentuk apapun dan dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari dan/atau dengan cara apapun berhubungan dengan perselisihan tersebut.

 

Q. GANTI RUGI

Pengguna akan melepaskan ICT dari tuntutan ganti rugi dan menjaga ICT (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan ICT yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

 

R. PILIHAN HUKUM

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs, fasilitas dan layanan ICT dan/atau perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yuridiksi pengadilan Republik Indonesia.

 

S. PEMBAHARUAN

Syarat & Ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. ICT menyarankan agar Anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan ICT, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.